Pengabdian Masyarakat

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan wadah untuk mentransfer ilmu pengetahuan, teknologi ataupun inovasi yang telah dikembangkan oleh perguruan tinggi melalui hasil riset sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat guna menyelesaikan permasalahan untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan mandiri sebagai bentuk kontribusi bagi negeri. Kegiatan terebut merupakan salah satu standar proses pengelolaan pengabdian kepada masyarakat dari setiap perguruan tinggi berdasarkan Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi terkait dengan ruang lingkup dan penjelasan Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.
Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan oleh dosen dari Program Studi Budidaya Perairan melalui penyuluhan dengan tema “Teknik Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) dengan Sistem Bioflok”. Teknologi ini sedang berkembang di bidang budidaya perairan dengan memanfaatkan mikroorganisme pembentuk flok untuk meningkatkan kualitas air dan pertumbuhan organisme budidaya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan penyuluhan ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa dan masyarakat mengenai aplikasi teknologi bioflok pada organisme budidaya terutama udang vaname sebagai upaya peningkatan produksi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat melalui penyuluhan dengan tema “Teknik Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) dengan Sistem Bioflok” dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Januari 2020 pukul 09.00-13.00 WIT di Laboratoratorium Pusat Kajian Budidaya Perairan Kastela. Narasumber pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini disampaikan oleh beberapa dosen Program Studi Budidaya Perairan antara lain Dr. Waode Munaeni, S.Pi.,M.Si., Dr. Muh. Aris, Sudirto Malan, S.Pi.,MP. dan dihadiri beberapa staf dosen program studi BDP FPK Unkhair.
Kegiatan penyuluhan teknik budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei) dengan sistem bioflok dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa dan juga masyarakat terkait perkembangan terknologi terkini di bidang akuakultur. Kegiatan ini diharapkan meningkatkan hubungan yang sinergis secara berkelanjutan antara dosen, mahasiswa, dan masyarakat.

1.472 thoughts on “Pengabdian Masyarakat”